Latest News

Tips dan cara mengkilapkan batu akik secara tradisional dengan bahan alami yang sederhana

Apakah Anda adalah salah satu dari demikian banyak pengagum batu akik di Indonesia?.

Bila Anda adalah penggemar batu akik, jadi kajian tentang batu akik kesempatan ini mungkin saja jadi salah satu tema yang cocok serta dapat memberi rekomendasi baru untuk Anda yang mau mempunyai batu akik yang tambah lebih mengkilap.

Batu akik memanglah masih tetap mempunyai daya tarik yang kuat sekarang ini. Kekhasan serta variannya yang demikian banyak seolah bikin batu akik tidak ada habis-habisnya untuk selalu ditambahkan kedalam koleksi.

Untuk penggemar batu akik tentu mempunyai maupun memakai batu akik yang mengkilap dengan tingkat clarity (bersih dari inclusi) yang tinggi adalah suatu kebanggaan, bahkan juga lebih dari pada itu, batu akik yang jernih serta mulus mengkilap bisa bikin harga batu akik juga jadi makin melambung tinggi. Tetapi walau tiap-tiap orang inginkan koleksi batunya mempunyai penampilan yang memukau, namun tentu tidak seluruhnya batu akik bisa mempunyai kejernihan yang sama lantaran ketidaksamaan bahan mineral pembentuknya, type potongan yang tidak sama ataupun struktur yang dihasilkan dari semasing batu akik.

Banyak aspek yang mengakibatkan kilau batu akik tak nampak dengan cara optimal. Sebagian aspek yang mengakibatkan batu akik kurang bercahaya serta mengkilap salah satunya seperti penggosokkan yang salah atau mungkin dengan memakai beberapa bahan yang harusnya tak dipakai, penggunaan yang lama hingga batu akik kerap terpapar panas matahari, terserang air, tergores, bukanlah type batu alami serta aspek-faktor yang lain.

Ditambah lagi bila batu yang Anda punyai termasuk juga sebagai batu mulia atau batu permata, tentu treatment atau perawatan yang dikerjakan juga harus lebih intensif serta ekstra hati-hati supaya tidak memudarkan kilaunya.

Dari demikian banyak langkah mengkilapkan batu akik, ada pula cara-cara perawatan tradisional serta simpel yang dapat Anda kerjakan pada batu akik yang Anda punyai dengan beberapa bahan alami yang ada di sekitar Anda. Penasaran beberapa bahan apa sajakah yang dapat dipakai untuk menimbulkan kilau batu akik?. Tersebut sebagian salah satunya :

Bambu
Langkah yang paling popular dari seluruhnya langkah untuk bikin batu akik bercahaya kembali, satu diantaranya yaitu dengan memakai bambu. Ditambah lagi untuk batu akik yang datang dari Garut seperti giok Garut atau Maluku dengan bacan Doko serta bacan Palamea. Nyaris seluruhnya pedagang batu di lokasi itu mereferensikan pemakaian bambu lantaran dinilai juga sebagai langkah alami yang paling aman serta tak mengakibatkan kerusakan permukaan batu. Langkahnya yaitu dengan menggosok-gosokkan batu akik dengan gerakkan lurus serta memutar. Supaya lebih optimal, manfaatkanlah potongan bambu yang mempunyai struktur permukaan yang halus serta rata. Struktur bambu yang lembut bakal menghaluskan permukaan batu tanpa ada menggoresnya.

Langkah mengkilapkan batu akik dengan cara pemakaian bambu
Langkah mengkilapkan batu akik dengan cara pemakaian bambu

Bahan kulit sisa yang lembut
Anda mempunyai sedikit kulit bekas, umpamanya kulit sisa sepatu atau jaket yang telah tak terpakai lagi?. Janganlah cepat-cepat dibuang lantaran bahan kulit bekas itu dapat Anda pakai untuk mengkilapkan batu yang Anda punyai. Langkahnya yaitu dengan menggosok-gosokkan batu akik dengan lembut dengan sedikit penekanan ke semua permukaan batu. Kerjakan dengan cara berkala sepanjang batu akik dipakai untuk menyingkirkan noda disebabkan paparan panas matahari ataupun bekas endapan air yang jadi kering jika batu basah terserang air.

Daun pisang kering (klaras)
Apakah di sekitar lingkungan rumah Anda ada pohon pisang?. Nah, nyatanya daun pisang kering atau yang kerap dimaksud klaras pohon pisang ini dapat dapat dipakai juga sebagai salah satu langkah alternatif untuk bikin batu akik yang kusam jadi bercahaya kembali. Langkahnya yaitu dengan memakai potongan klaras yang digosok-gosokkan. Langkah menggosoknya nyaris sama juga dengan memakai bambu, yakni dengan gerakan lurus serta memutar sampai menyapu ke seluruhnya permukaan batu. Pakai alas kain supaya permukaan gosokan tak terlampau keras hingga tak bikin batu jadi lecet.

Serbuk intan
Bila mau memakai langkah yang lebih praktis lagi, Anda bisa memakai serbuk intan. Umumnya, bahan alami untuk mengkilapkan batu akik yang satu ini cukup popular serta terdapat banyak di beberapa tempat yang jual batu akik.

Alumunium foil atau bungkus alumunium dapat juga dipakai untuk mengkilapkan batu. Tetapi langkah tersebut tak terlampau direferensikan mengingat bahan alumunium yaitu bahan logam hingga bila kurang hati-hati malah batu dapat jadi tergores. Saat sebelum Anda memakai bahan ini, yakinkan bahan alumunium itu adalah bahan alumunium dengan struktur permukaan yang rata serta halus. Bahan ini umumnya ada pada sisa bungkus permen karet (peppermint, bungkus coklat serta lain sebagainya).

Sekianlah cara-cara alternatif simpel yang dapat Anda kerjakan untuk menjaga kilau batu akik yang Anda punyai. Tentu treatment atau langkah perawatan seperti yang sudah diterangkan dalam poin-poin di atas tak berlaku untuk batu bahan (rough) dan beberapa type batu akik atau batu mulia yang mempunyai tingkat ukuran kekerasan (mohs) spesifik seperti intan, permata atau batu kalimaya.

Untuk memperoleh info yang lebih komprehensif, tentu dianjurkan untuk Anda untuk ajukan pertanyaan serta mengaplikasikan segera dari ahlinya (gemolog) untuk pelajari karakteristik semasing batu hingga diperoleh info tentang bagaimana caranya perawatan batu akik atau batu mulia yang benar dengan lebih komplit.

0 Response to "Tips dan cara mengkilapkan batu akik secara tradisional dengan bahan alami yang sederhana"