Latest News

Cara Membedakan Jenis Batu Akik Asli Dan Palsu Dengan Senter

Cara membedakan jenis batu akik asli dan palsu dengan senter  seringkali dilakukan. Batu akik palsu atau sintetis sebagian besar dibuat dari bahan seperti kaca dan plastik. Berbeda dengan batu aslinya, dalam pembuatan akan melalui proses pembentukan dengan cara pengukiran dan penggosokan. Setelah itu baru nampak bentuk batu akik yang sangat cantik.  Batu akik palsu dibuat dengan proses pemasakan bahan dasar, agar nampak seperti batu asli yang ditirunya. Berbagai zat kimia biasanya disertakan untuk memancarkan tampilan seperti batu aslinya.

Untuk membedakan batu asli dan sintetis terbilang mudah dan sederhana. Tapi memang bagi yang awam terkadang merasa kesulitan, karena tidak mengerti dan memahami caranya. Warna dari batu asli biasanya lebih redup, tidak secerah warna batu sintetis. Kalau ingin melihat bagian dalamnya, Anda bisa memakai senter guna menyorotnya. Kalau bagian dalamnya ditemukan bercak atau noda, itu adalah pertanda sebagai batu akik palsu. Sedangkan kalau terlihat sangat bening tanpa adanya bercak, hal itu sebagai pertanda sebagai batu sintetis.

Untuk mendukung pembuktian batu akik palsu, Anda bisa melakukan pengujian dengan menggunakan tablet atau smartphone dengan layar sentuh. Batu akik yang asli bisa menggeser atau mengubah tampilan pada layar tersebut. Sehingga batu akik itu memiliki kemampuan seperti jari manusia. Tingkat kekerasan atau kekuatan batu asli lebih tinggi, dibandingkan dengan batu masakan atau palsu. Kalau Anda menggoreskan ke kaca dan meninggalkan bekas goresan menjadi pertanda batu akik asli.







0 Response to "Cara Membedakan Jenis Batu Akik Asli Dan Palsu Dengan Senter"