Latest News

Cara Membedakan Jenis Batu Akik Berkualitas

Cara membedakan jenis batu akik berkualitas dengan yang berkualitas rendah bisa memperhatikan sejumlah faktor penting. Seperti jenis batu, tingkat kekerasan batu, sertifikat keaslian, menggunakan senter dan lain sebagainya. Berbagai batu akik semakin langka dan harganya sangat tinggi. Sehingga muncul batu sintetis atau batu akik asli tapi berkualitas rendah. Agar tetap bisa mendapatkan batu akik yang berkualitas, berikut ini sejumlah hal yang penting diperhatikan.

Jenis batu akik

Sangat penting mengenali jenis dan karakter batu akik yang akan dibeli. Semisal bongkahan batu giok yang berwarna hijau. Namun tidak semua batu berwarna hijau adalah jenis giok. Kalau Ada sangat memahami seluk beluk batu yang akan dibeli, maka lebih mudah membuktikan keaslian dan kualitasnya.

Tingkat kekerasan batu

Kekerasan batu wajib diperhatikan juga saat akan memilihnya. Tingkat kekerasan setiap batu akik berbeda-beda. Kualitas batu akik bisa ditentukan oleh tingkat kekerasannya. Semakin rendah tingkat kekerasannya biasanya semakin rendah juga harganya. Meskipun hal itu juga belum menjadi patokan kisaran harganya.

Perhatikan sertifikatnya

Laboratorium gemologi secara khusus bisa mengeluarkan sertifikat keaslian dari sebuah batu akik. Kalau batu akik yang akan dibeli harganya mencapai jutaan rupiah. Maka sebaiknya pastikan batu akik tersebut dilengkapi dengan sertifikat keasliannya. Agar lebih tenang dalam membelinya. Sehingga kalau akan dijual kembali, konsumen juga percaya dengan kualitasnya.







0 Response to "Cara Membedakan Jenis Batu Akik Berkualitas"