Latest News

Waspada..., Kini Warna Batu Akik Ada yang Palsu

Beberapa puluh cincin bermata batu akik tampak seperti pelangi terpajang di suatu stand pameran batu permata Dewan Perwakilan Rakyat. Warnanya mengundang ketertarikan beberapa pengunjung. Pada kotak kaca wadah cincin itu tercatat : " Janganlah tertipu, ini bukanlah germsstone! "

Batu akik berwarna biru langit, kuning matahari, serta putih bening nyatanya batu sintetis yang mirip permata. Kolektor batu akik sekalian pegawai Sekretariat Jenderal DPR, Timbang Supriyanto menyampaikan orang-orang kerapkali terkecoh dengan batu akik berwana menyala. Walau sebenarnya, batu-batu seperti itu rawan dipalsukan.

 " Ini memanglah batu, namun waktu dicek di laboratorium bakal tampak warnanya hasil rekayasa, " kata Timbang, di Kompleks Parlemen Senayan, Selasa, 9 Juni 2015. Ia tunjukkan suatu kartu sinyal bukti hasil kontrol laboratorium yang tunjukkan bahwa batu itu palsu. " Glass man made. "

DPR mengadakan pameran batu akik di pelataran gedung kura-kura, Komplek Parlemen Senayan mulai sejak tempo hari. Pameran yang berjalan pada 8-12 Juni 2015 ini memajang beberapa ratus batu akik koleksi anggota dewan, serta pegawai DPR. Diluar itu ada banyak stand penjual batu di tempat yang sama.

Timbang, yang waktu itu juga bertugas melindungi stand penjualan batu akik, menuturkan pada beberapa pengunjung langkah membedakan batu sintetis warna kalsedoni dengan batu permata. Timbang memberi panduan pilih batu warna seperti berikut :

1. Tentukan batu permata type ruby, safir, atau jamrud lantaran terjamin keasliannya.

2. Tambah baik beli bongkah batu yang belum dipoles atau diasah. Terkecuali hemat, penggemar batu dapat meyakinkan keaslian dari serat batu.

3. Tes keaslian batu di laboratorium saat sebelum dibeli. Argumennya, tanda-tanda batu palsu tak dapat dipandang dengan mata telanjang.

4. Bila tidak pernah ke laboratorium, teliti keaslian batu warna dengan meneteskan air pada batu itu. " Bila tetesannya segera turun ke bawah itu batu asli. Bila ada air yang nyangkut bermakna batu sintetis, " kata Timbang.

0 Response to "Waspada..., Kini Warna Batu Akik Ada yang Palsu"