Latest News

Ini Jenis Batu-batu Mulia Hingga Akik yang Unik di Indonesia

Indonesia mempunyai kekayaan alam melimpah dalam soal bebatuan. Dari mulai intan yang bernilai mahal sampai batu akik yang tengah naik pamor, berserak di bumi Indonesia.

Pakar geologi serta kolektor batu mulia Ir Sujatmiko yang telah beberapa puluh th. menjelajah serta mempelajari batu-batu di Indonesia mempunyai beberapa daftar type batu yang mempunyai kwalitas bagus.

“Di Indonesia nomer satu terang intan, itu ada di bumi Kalimantan. Tambangnya ada di Martapura, ada pula di Sintang, ” terang Sujatmiko, Kamis (28/5/2015).

Menurutnya, Indonesia tidak mempunyai tambang batu seperti sapphire atau merah delima serta yang lain. Namun type batu yang lain terkecuali intan juga ada di Indonesia serta mempunyai daya jual tinggi.

“Ada batu yang unik, namanya batuan oval atau Kalimaya. Ini cuma ada di Banten, batu ini mempunyai beberapa warna menarik yang memberi ilusi. Ini batu yang unik serta mahal, ” urai dia.

Batu kalimaya ini ditambang mulai sejak th. 1934, dulu berantakan di sungai, namun saat ini harus menggali ke tanah.

“Di dalam batu ini dipandang melalui miksrokopis itu ada gelembung kecil bundar tersusun rapi, diantara bundaran itu ada pori-porinya serta ada sisi yang kosong. Sisi kosong itu di isi air, lalu apabila terserang cahaya matahari bakal dibiaskan serta membuahkan refleksi warna, ” jelas dia

Terkecuali di Banten ada pula di NTT di seputar Kefa. Sujatmiko pernah mempelajari bebatuan ini. “Yang di NTT sama juga dengan Kalimaya di Australia, ” papar dia.

Lalu batu setelah itu yang unik yaitu batu hijau garut Ohen. Menurut Sujatmiko batu ini telah langka, serta susah mencarinya. Batu ini mempunyai kwalitas yang bagus tingkat kejernihannya. Batu ini datang dari serat kayu yang membatu berjuta th. lantas.

Lalu ada batu Bacan dari Halmahera. Batu ini menurutnya, termasuk juga batu Indonesia yang bagus serta mempunyai daya jual tinggi. Diluar negeri kolektor juga banyak mencari batu ini. Serta setelah itu ada batu dari Aceh yang dimaksud Idocrase. Batu ini menurutnya juga mempunyai kwalitas bagus.

“Itu batu-batu yang saya anggap unik ya, yang ada di bumi Indonesia. Sesungguhnya ada banyak lainya tiap-tiap daerah mempunyai type batunya sendiri, ” tutup dia.

0 Response to "Ini Jenis Batu-batu Mulia Hingga Akik yang Unik di Indonesia"