Latest News

Batu Kuarsa Asal Likupang, Lebih Tinggi Kualitasnya Dibanding Batu Akik

Banyak type batu yang dimaksud orang dipasaran, bikin bingung warga yang pemula dengan beberapa jenis batu. Tetapi, sesuai sama data Dinas Daya serta Sumber Daya Mineral Sulut, daerah ini mempunyai type Batu Kuarsa.
Batu Kuarsa ini pertama kali diketemukan di daerah Likupang. Batu ini termasuk batu mulia yang tingkatannya di atas Batu Akik. Kehadiran Batu Kuarsa ini diketemukan pertama kali di Sungai Likupang. Hal semacam ini diutarakan Kabid Dinas Daya serta Sumber Daya Mineral Propinsi Sulut, Ir Katrin Walukou Pada Tribun Manado, Selasa (19/5/2015).
Type Batu Kuarsa ini telah ada di Sulut, saat sebelum Batu Akik jadi tenar serta digemari nyaris seluruhnya kelompok di daerah ini.
Katrin menuturkan, umumnya di market yaitu Batu Panca Warna, tetapi yang mempunyai kandungan tingkat kekerasan serta berkwalitas yaitu batu Kristal Kuarsa.
Kabid Dinas Daya serta Sumber Daya Mineral Propinsi Sulut, Ir Katrin Walukou menyampaikan, Batu Kuarsa ini termasuk juga yang banyak disenangi orang.
Batu ini pernah di teliti serta penemuan awalannya di Sungai Likupang. Tentang harga tentu batu ini sangat bernilai, karena mempunyai pancaran sinar yang bagus serta memikat. Tentu dengan maraknya jual beli batu di Sulut bakal memengaruhi beberapa penambang serta pemburu bebatuan 1/2 mulia, ”ujarnya.
Batu ini satu tingkat Batu Ruby Merah yang ada di Asia. Info yang lain, Batu Kuarsa mempunyai dua warna menguasai yakni, merah muda serta bening.

Batu ini adalah batu yang mempunyai nilai yang tinggi di mana ukuran mata cincin kecil 2 cm dihargai hingga 700 beberapa ribu.
Batu bakal makin bernilai dengan tahu umur batu serta tentu mesti ada riset dengan cara segera di laboratorium pada batu itu. Seperti batu ini memanglah pertama penilaiannya tingkat kekerasan serta sinar batu, di mana makin tua serta terpapar dengan alam jadi batu ini bakal makin menarik, ”ujarnya.
Adapun penemuan batu ini ada di beberpa tempat, tetapi batu kuarsa ini cuma ada di sungai Likupang. Batu Kumuh diketemukan di Desa Kumuh, Batu Bangka diketemukan di Pulau Bangka, Batu Likupang diketemukan di Desa Batu Putih, batu hati gorango diketemukan di daerah Sungai Tompaso, Batu Belang diketemukan di daerah Belang, serta Batu Green Hill diketemukan didaerah kepulauan Talaud.
Cuma menurutnya, batu-batu terkecuali batu kuarsa mempunyai tingkat pengapuran yang tinggi. Tentu batu Sulut mempunyai motif semasing sesuai sama tempat penemuan. Tetapi umumnya batu mempunyai tingkat pengapuran yang cukup tinggi. Tetapi tentang jenis serta warna batu Sulut tak kalah dipasaran, ”ujarnya.
Ia juga menyampaikan nantinya kan ada riset lanjut perihal seluruhnya bebatuan bernilai. ”Sekarang usaha batu telah naik daun oleh karenanya kami bakal lakukan riset selanjutnya pada bebatuan ini. Tetapi kami juga perlu support orang-orang untuk mendatangkan batu itu pada kami, di mana penjual Batu Akik di kota Manado datang dari beragam tempat, ”ujarnya.
Batu mulia makin lama makin bernilai apabila mempunyai tingkat kekerasan serta makin tua. ”Sesuai riset di mana batu bila makin tua serta makin keras jadi nilainya juga dapat menandingi harga emas seandainya itu batu 1/2 mulia. Tentang batu yang di jual di umumnya pasar yaitu batu panca warna. Tetapi diluar itu bebatuan ini mempunyai dampak positif serta negatif bergantung di mana serta apakah mempunyai unsur infra red atau unsur magnet, ”ujarnya.

0 Response to "Batu Kuarsa Asal Likupang, Lebih Tinggi Kualitasnya Dibanding Batu Akik"