Latest News

Cara Merawat Jenis Batu Akik Hijau Garut

Cara Merawat Jenis Batu Akik Hijau Garut bisa dilakukan kalau telah dibentuk, tapi belum mengkristal atau tembus saat disenter. Cara meningkatkan kualitasnya dengan perawatan perendaman di dalam air mineral dengan pH tinggi. Kemudian bisa merendamnya menggunakan air hujan, terapkan penjemuran dengan air rendaman selama seharian. Kalau airnya menguap bisa menambahkannya lagi dan mengganti air rendakam yang sudah terlihat kotor.

Batu Hijau Garut ini masuk dalam jenis chalcedony, sehingga memiliki bahan mirip batu bacan. Batu ini asli datang dari Pulau Jawa, terutama dari Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Sejak era kolonial Belanda pada tahun 1878, batu ini sudah dikenal dan sudah dieksplorasi oleh Belanda. Kualitas batu tersebut sangat tinggi, bahkan bisa bersaing dengan Jamrud Rusia. Kabarnya Pangeran Charles dari Inggris juga mengenakan batu Hijau Garut.

Jenis chrysoprase merupakan yang memiliki kualitas terbaik, yang ditemukan pada batu Hijau Garut Ohen. Sehingga paling banyak diburu oleh penggemar batu akik. Sejumlah jenis batu Hijau Garut adalah Hijau Garut Toska, Hijau Garut Botol, Hijau Garut Cincau, Hijau Garut Kristal, Hijau Garut Ohen dan Hijau Garut Super. Harga batu ini per butirnya mulai dari jutaan rupiah. Waspada dengan  peredaran batu Hijau Garut palsu. Pastikan Anda mengetahui ciri batu aslinya, agar tidak tertipu batu Hijau Garut palsu.






0 Response to "Cara Merawat Jenis Batu Akik Hijau Garut"