Latest News

Cara Membedakan Jenis Batu Akik Kalimaya Asli Dan Palsu

Cara membedakan jenis batu akik Kalimaya asli dan palsu bisa dengan membakar permukaannya, menempelkan batu akik di pipi dan melihat warnanya. Berhubungan dengan warna batunya, batu Kalimaya asli warnanya cenderung putih dan berkilau. Batu akik memang bisa memancarkan beragam warna dari dalamnya. tapi warna yang dipancarkan tersebut tidak terlihat mencolok.

Berbeda dengan batu Kalimaya sintetis atau buatan. Warna batu memang sama-sama nampak putih, namun batu terlihat lebih gelap dan yang terpancar dari dalam batu nampak sangat mencolok. Cara lainnya dengan menempelkan batu Kalimaya di pipi, kalau merasakan hawa dingin dari batu kemungkinan besar merupakan batu asli. Sedangkan batu sintetis akan terasa hangat atau panas. Kalau batu Kalimaya dibakar maka tidak akan terlihat adanya perubahan. Sedangkan varian tiruannya akan meninggalkan bekas seperti gosong. 

Batu Kalimaya terkenal datang dari kawasan Banten. Tapi untuk mendapatkan batu dengan karat tinggi sangat sulit dijumpai di Indonesia, karena pada umumnya hanya ditemukan di Australia. Sehingga muncul batu tiruan di pasaran. Tampilan fisik batu yang dikenal dengan opal tersebut memang memiliki warna yang sangat cantik. 

Harga di pasaran mulai ratusan ribu sampai dengan jutaan rupiah. Sejumlah manfaat dipercaya dimiliki batu Kalimaya. Seperti menjadikan rambut tetap terlihat pirang, mengobati penyakit mata, menghilangkan emosi, meningkatkan daya tarik terutama bagi wanita dan batu sihir.









0 Response to "Cara Membedakan Jenis Batu Akik Kalimaya Asli Dan Palsu"