Latest News

Cara Membedakan Jenis Batu Akik Kecubung Asli Dan Palsu

Cara Membedakan Jenis Batu Akik Kecubung Asli Dan Palsu bisa dengan tiga langkah mudah. Batu ini memiliki nama asli sebagai batu Ametis yang berasal dari bahasa Yunani yang artinya tidak mabuk. Pertambahan waktu semakin meningkatkan popularitas batu ini. Sehingga harganya juga semakin mahal. Tak heran kalau di pasaran juga ditemukan batu sintetis atau palsu. Bagaimana cara membedakan antara batu yang asli dan yang palsu?

Mencermati serat batu Kecubung

Sebelum Anda memutuskan membeli batu akik ini, bisa mencermati serat inklusinya di dalam batu Kecubung tersebut. Karena biasanya terdapat batu yang dimanipulasi atau sengaja membuat serat inklusi yang terdapat di dalam batu tersebut. Anda harus memahami tekstur dan model gambar pada serat inklusinya. Sehingga tidak mudah tertipu dengan batu Kecubung palsu yang biasanya harganya relatif lebih murah, dibandingkan batu aslinya.

Menguji berat dan kekerasan batu Kecubung

Berat dan tingkat kekerasan batu akik palsu dan asli bisa dibedakan. Timbangan air bisa digunakan dan menghitungnya menggunakan rumus masa atau juga dengan berat batu dibagi dengan volume batu tersebut. dengan begitu, bisa lebih mudah dalam mendeteksi berat dan kekerasannya. Termasuk mengetahui kualitas dari batu Kecubung di hadapan Anda.

Mencari indeks biasnya

Indeks bias bisa membantu dalam membedakan batu Kecubung asli dan yang palsu. Indeks biasa merupakan tingkat kecerahan dan warna yang bisa bersinar dan terpantul dari batu akik tersebut. Cara penilaiannya dengan memakai alat yang dinamakan reflaktometer. Perangkat ini dapat mengukur tingkat keaslian dari batu itu. Dengan pengukuran indeks bias itu atau warna dan tingkat kecerahan batu, maka kualitas warna dari batu akik Kecubung yang asli dan yang palsu bisa terlihat dengan jelas.









0 Response to "Cara Membedakan Jenis Batu Akik Kecubung Asli Dan Palsu"