Latest News

Batu Akik dari Dasar Laut Bangka Ini Harganya Tembus Rp 50 Juta

Demam batu akik masih tetap menempa tanah air. Dalam acara yang mengulas masalah investasi daerah saja dipenuhi oleh stand pameran batu akik dari beragam kabupaten.

Setiap daerah sama-sama unjuk gigi kehebatan batu akik semasing, ada yang diklaim dapat beralih warna, hingga ada yang datang dari basic laut. Nah, yang datang dari dalam laut ini di jual seharga Rp 50 juta.

Batu berwarna putih bening ini bernama kinyang karang serta diklaim juga sebagai hanya satu batu akik yang di ambil dari laut dalam.

Pedagang Batu Akik asal Kabupaten Bangka, Yuliani Filippi menyampaikan, batu ini di ambil dari kedalaman 20-30 mtr. di laut Bangka.

 " Jadi tidak dari sungai atau penggalian seperti biasanya. Berwarna cerah seperti intan, " katanya saat didapati di stand Kabupaten Bengkulu, Kemayoran, Jakarta, Jumat (15/5/2015).

Menurut dia, batu akik type ini pernah memenangkan salah satu festival batu di Jakarta serta terjual seharga Rp 50 juta. Yuliani sendiri jual Kinyang Karang di kisaran Rp 800. 000. per batu.

 " Ada type kinyang lain yang lebih murah, Kinyang Rambut serta Kinyang Kristal seharga Rp 300. 000-an, paling murah Rp 50. 000. Seluruhnya type kinyang datang dari kedalaman laut Bangka, " tuturnya.

Dengan berjualan di pameran yang berjalan 13-15 Mei 2015 ini, Yuliani dapat memperoleh omzet sampai Rp 30 jutaan. Menurut dia, batu akik kinyang ini dapat disukai oleh banyak warga Singapura.

 " Mereka (warga Singapura) kan datang ke Batam, mereka bawa juga sebagai kenang-kenangan. Sebagian bahkan juga datang segera ke Bangka cuma ingin mencari batu akik type kinyang, " tuturnya.

Ia menyampaikan, batu yang di ambil lewat cara menyelam segera ini tidak sama dengan batu akik lain yang didapat lewat cara digali.

 " Dari segi keindahan, kinyang ini serupa kristal intan, lantaran memanglah sistem pembentukannya bercampur dengan timah yang memanglah banyak diketemukan di Bangka, " tuturnya.

1 Response to "Batu Akik dari Dasar Laut Bangka Ini Harganya Tembus Rp 50 Juta"

  1. Yg jual batu akik kodia silahkan wa 082338111172.
    Saya butuh swbaxak baxakxa terutama batu impor dari timur tengah

    BalasHapus