Latest News

Tips Cara Merawat Batu Akik yang Baik dan Benar

Belakangan ini, batu akik jadi salahsatu komoditi usaha yang cukup menjanjikan. Terkecuali lantaran menjamurnya beberapa kolektor batu permata akik di beberapa daerah, peran beberapa penambang serta penjual juga bikin makin beberapa orang yang penasaran bakal keindahan batu-batu itu. Bahkan juga, terdapat banyak kepala daerah yang mau mengadakan festival spesial batu akik. Tetapi, tak kebanyakan orang tahu perihal batu akik, terutama tentang langkah perawatannya. Lantas, bagaimanakah sesungguhnya langkah menjaga batu akik yang baik serta benar? Tersebut penjelasannya.

Sesungguhnya, menjaga batu akik yaitu suatu hal yang gampang. Yang butuh dikerjakan yaitu hindari banyak hal yang mungkin saja bisa bikin batu jadi retak, beralih warna maupun pecah serta hilang keindahannya

1. Jauhi dari cahaya matahari
Beberapa type batu akik betul-betul anti dengan panas. Bahkan juga, bila batu akik itu terserang panas kurun waktu yang lama, jadi yang berlangsung yaitu rusaknya fatal seperti retak serta memudarnya warna. Oleh karenanya, bila Anda mau mengeringkan batu akik sesudah mencucinya, manfaatkanlah handuk kering serta janganlah dijemur.

2. Jauhi Mecuci dengan air panas
Seperti poin pertama, air panas juga salahsatu aspek yang bisa bikin batu akik cepat rusak. Meskipun ada beberapa batu yang bisa dicuci dengan air hangat (bukanlah panas), tetapi alangkah tambah baik untuk terus memakai air bersuhu normal. Terlebih bila Anda tak tahu beberapa jenis mana yang tahan pada suhu panas.

3. Membersihkan dengan air sabun
Supaya batu akik terus mengkilat serta warnanya tak gampang sirna, Anda mesti rajin untuk mebersihkannya. Salahsatunya yaitu dengan membersihkan memakai sabun, kemudian mengeringkannya memakai handuk kering dengan cara rata. Tetapi yang butuh di perhatikan, Anda tak bisa memakai bahan sabun berbentuk pemutih yang biasanya bisa menyebabkan panas.

4. Pakai Alumunium Foil
Beberapa pakar dalam batu akik melarang bersihkan serta menjaga batu akik memakai air. Tetapi janganlah cemas, lantaran Anda bisa memakai alumunium foil juga sebagai alat pembersih yang sangatlah efisien. Alumunium foil sendiri bisa diketemukan dibungkus-bungkus rokok.

5. Handuk serta sikat
Manfaatkanlah handuk yang lembut supaya tak melukai serta bikin permukaan batu jadi cacat. Diluar itu, bila Anda alami kesusahan dalam bersihkan sela-sela batu akik, Anda bisa memakai sikat maupun kipas pengering.

6. Jauhi dari debu
Umumnya, batu akik jadi kusam serta merasa kasar bila kerap terserang debu. Oleh karenanya, jauhi beberapa tempat berdebu juga sebagai penyimpanan. Atau Anda juga dapat memakai kain untuk membungkus batu akik, baik itu telah diikat atau belum.

7. Pakai handuk dari kulit
Memakai handuk dari kulit untuk bersihkan batu akik bisa bikin batu terlihat lebih cemerlang. Bahkan juga, dalam situasi spesifik batu akik bisa beralih warna jadi warna aslinya.

Kesimpulan
Sesudah tahu langkah menjaga batu akik yang baik serta benar, tentu Anda mesti mempraktekkannya supaya tahu bagaimanakah hasil yang didapat. Diluar itu, juga sebagai seseorang penggemar batu akik atau gemslover, telah sepantasnya untuk melindungi tiap-tiap koleksi. Terlebih bila Anda menginkan batu akik itu mempunyai harga yang tambah lebih mahal dari mulanya.

0 Response to "Tips Cara Merawat Batu Akik yang Baik dan Benar"