Latest News

Keunikan Batu Akik Ngalo dari Mamuju

Harga Batu Akik Ngalo atau Akik Manakarra Calsedoni diprediksikan akan selalu naik. Akik Manakarra Calsedoni atau yang di kenal orang-orang Mamuju dengan sebutan batu Ngalo mempunyai kekhasan sendiri.

''Pasti melambung tinggi, bersamaan popularitas batu yang menguasai bermotif bola-bola serta lumut ini selalu bertambah. Bila telah terkenal jadi harga nya juga bakal naik serta itu tinggal menanti saat lantaran batu ini benar-benar sangat bagus, " kata Bupati Mamuju, Suhardi Duka selesai buka aktivitas pameran serta kontes batu akik bertopik SDK Manakarra Gemstone Expo 2015.

Menurutnya, pemerintah selalu lakukan promosi pada batu lokal supaya nilai jual batu akik itu bisa bertambah hingga beberapa pengrajin juga memperoleh nilai lebih ekonominya.

Ia menyampaikan, kurun waktu dekat Pemerintah Kabupaten Mamuju bakal selekasnya merelokasi beberapa pedagang serta pengrajin batu akik diletakkan dipasar regional baru Mamuju, hingga penjualan batu tak akan serampangan serta tersentralistik di pasar regional.

Hal semacam ini dikerjakan supaya di Ibu Kota Propinsi Sulawesi Barat terbentuk sentra pengrajin serta pedangan batu akik yang sekarang ini memanglah telah makin menjamur. SDK sapaan akrab Suhardi Duka meyakinkan akan tidak mengganggu kehadiran pedagang barang yang lain yang lebih dahulu sudah tempati pasar regional, tetapi bakal diletakkan pada lods- lods yang belum pernah terisi.

Ketua Panitia SDK Manakarra Gemstone Expo 2015 yang dikerjakan oleh MaPiA (Mandar Penggemar Akik), Hamdam Malik mengatakan, terkecuali aktivitas pameran serta kontes batu akik SDK Manakarra Gemstone Expo, juga dikerjakan Talk Show yang bakal mengulas perihal bagaimanakah potensi serta kelebihan dan beberapa kiat meningkatkan batu mulia asal Sulawesi Barat atau batu Ngalo.

Pada proses kontes ini melibatkan juri salah satunya ketua Asosiasi Lab Gemstone Se Indonesia, Sekjen Indonesia Gemstone Lover (IGLO), Tim Avian Noor Gems Lab yang telah sangatlah memiliki pengalaman di beragam moment taraf nasional ataupun internasional.

Peserta pameran serta kontes batu yaitu beberapa penggiat batu mulia (pedagang), pengrajin batu mulia, kolektor serta pemerhati batu mulia sekitar 80 stand serta counter sale yang terbagi dalam 40 stand pameran batu serta assesoris permata, 35 stand bahan baku batu akik serta lima stand product Perbankan dan Automotif yang ikut berperan serta juga sebagai sponsor.

0 Response to "Keunikan Batu Akik Ngalo dari Mamuju"