Latest News

Keindahan Tujuh Batu Akik Bulungan dari Kalimantan Utara

Nyatanya, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara mempunyai potensi untuk pengembangan usaha kecil terutama cinderamata lantaran daerah itu mempunyai beragam type batu akik yang bercorak khas dan indah.

 " Bulungan mempunyai beragam type batu akik bahkan juga tujuh telah kita sertifikasi, " tutur Bupati Bulungan Budiman Arifin di Tanjung Selor, Senin (17/5).

Hal semacam itu di sampaikan selesai tutup acara kontes dan pameran batu akik di Tanjung Selor sepanjang nyaris dua minggu. Ketujuh type batu akik itu salah satunya teratai, pancawarna, junjung derajat serta lapis benuanta hingga bisa jadi kebanggaan orang-orang setempat walau kemungkinan type batu akik yang sama saja ada di daerah yang lain.

Bupati Bulungan, Kalimantan Utara Budiman Arifin menyatakan bahwa batu akik bongkahan asal daerahnya sudah memperoleh sertifikasi serta merk Ketujuh type batu akik itu salah satunya teratai, pancawarna, junjung derajat serta lapis benuanta hingga bisa jadi kebanggaan orang-orang setempat walau kemungkinan type batu akik yang sama saja ada di daerah yang lain, sebut dia di Bulungan, Senin.

Besarnya potensi batu akik di Kabupaten Bulungan jadikan pemda setempat berusaha keras mematenkan dengan memperoleh sertifikasi serta merk dari Unit Pelaksana Tehnis Balai Pengujian serta Sertifikasi Mutu Barang Provinsi Kalimantan Selatan sebagian waktu lalu.

Bupati Bulungan juga meminta pada Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi serta UMKM setempat untuk proaktif menfasilitasi orang-orang terutama penemu batu akik bongkahan untuk memperoleh sertifikasi supaya batu mulia yang diketemukan di daerah itu tak diklaim daerah yang lain.

 " Orang-orang Kabupaten Bulungan pantas berbangga lantaran batu akik asli beberapa sudah memperoleh sertifikasi serta merk hingga tak akan dapat diklaim daerah yang lain, " tutur Budiman Arifin.

Ia memberikan indikasi, ada bongkahan batu akik asal daerah itu yang dibawa keluar sudah diklaim hingga pantas disayangkan maka dari itu Pemkab Bulungan berupaya keras menfasilitasi orang-orang yang temukan untuk memperoleh merk.

Budiman Arifin melihat, apresiasi orang-orang Kabupaten Bulungan pada batu akik cukup tinggi maka dari itu pemda juga mesti proaktif meningkatkan potensi itu lewat pagelaran kontes-kontes pada waktu mendatang.

Diluar itu, kata dia, penemuan batu akik pada waktu mendatang terus bakal diberikan ruangan untuk memperoleh sertifikasi serta merk atas sarana pemerintah daerah.

0 Response to "Keindahan Tujuh Batu Akik Bulungan dari Kalimantan Utara"