Latest News

Di Sulut, Batu Kuarsa Pertama Kali Ditemukan di Sungai Likupang

Penyebutan batu dalam market serta dengan cara ilmiah memang sangatlah tidak sama, di mana batu Sulut mempunyai nilai bergantung ketertarikan konsumen dalam market serta dalam bhs riset dimaksud batu 1/2 mulia.
Tetapi daerah Sulawesi Utara mempunyai batu bernilai di atas tingkatan batu akik, yang dimaksud Batu Kuarsa yang diketemukan di Sungai Likupang.
Hal semacam ini di sampaikan oleh Kabid Dinas Daya serta Sumber Daya Mineral Propinsi Sulut, Ir Katrin Walukou Pada Tribun Manado lewat telpon, Selasa (19/05).
Saat sebelum batu akik ini top nyatanya pada awal mulanya telah ada riset batu bernilai asal Sulut. Batu yang ada di market umumnya yaitu batu panca warna, tetapi yang mempunyai kandungan tingkat kekerasan serta berkwalitas yaitu batu Kristal Kuarsa.
Menurut Kabid Dinas Daya serta Sumber Daya Mineral Propinsi Sulut, Ir Katrin Walukou Pada Tribun Manado lewat telpon, batu ini diketemukan si Sungai Likupang. Batu ini pernah di teliti serta penemuannya disungai Likupang.
Tentang harga tentu batu ini sangat bernilai karena mempunyai pancaran sinar yang bagus serta memanglah memikat. Tentu dengan maraknya jual beli batu di Sulut bakal memengaruhi beberapa penambang serta pemburu bebatuan 1/2 mulia, ” katanya.
Batu ini satu tingkat batu Ruby merah yang ada di Asia, dab batu kuarsa ada dua warna menguasai, seperti merah muda, serta bening. Batu ini adalah batu yang mempunyai nilai yang tinggi di mana ukuran mata cincin kecil 2 cm dihargai hingga 700 beberapa ribu.

Batu bakal makin bernilai dengan tahu umur batu serta tentu mesti ada riset dengan cara segera di laboratorium pada batu itu. Seperti batu ini memanglah pertama penilaiannya tingkat kekerasan serta sinar batu, di mana makin tua serta terpapar dengan alam jadi batu ini bakal makin menarik, ” katanya.
Adapun penemuan batu ini ada di beberpa tempat tetapi batu kuarsa ini cuma ada di sungai Likupang. Batu kumuh diketemukan didesa Kumuh, batu Bangka diketemukan di pulau Bangka, batu Likupang diketemukan didesa Batu Putih, batu hati gorango diketemukan di daerah Sungai Tompaso, batu belang diketemukan di daerah belang, serta batu green hill diketemukan didaerah kepulauan Talaud.
tetapi menurutnya batu batu terkecuali batu kuarsa mempunyai tingkat pengapuran yang tinggi. Tentu batu Sulut mempunyai motif semasing sesuai sama tempat penemuan. Tetapi umumnya batu mempunyai tingkat pengapuran yang cukup tinggi, tetapi tentang jenis serta warna batu Sulut tak kalah dipasaran, ”ujarnya.
Ia juga menyampaikan nantinya kan ada riset lanjut perihal seluruhnya bebatuan bernilai.
”Sekarang usaha batu telah naik daun oleh karenanya kami bakal lakukan riset selanjutnya pada bebatuan ini. Tetapi kami juga perlu support orang-orang untuk mendatangkan batu itu pada kami, di mana penjual Batu Akik di kota Manado datang dari beragam tempat, ” katanya.
Batu mulia makin lama makin bernilai apabila mempunyai tingkat kekerasan serta makin tua.
”Sesuai riset di mana batu bila makin tua serta makin keras jadi nilainya juga dapat menandingi harga emas seandainya itu batu 1/2 mulia. Tentang batu yang di jual di umumnya pasar yaitu batu panca warna. Tetapi diluar itu bebatuan ini mempunyai dampak positif serta negatif bergantung di mana serta apakah mempunyai unsur infra red atau unsur magnet, ” katanya.

Senana di sampaikan oleh Kepala seksi bagian geologi Drs Jerry Kuhu MAP. ”Saya lihat usaha bebatuan Manado makin baik.
Tetapi kami sendiri belum lakukan riset lebih dalam bakal keaslian batu yang ada dipasaran.
 " Setahu kami batu akik asal Sulut mempunyai tingkat pengapuran yang tinggi serta gampang retak. Tetapi kekhasan sendiri batu Sulut yaitu mempunyai warna yang menarik, lalu sebutan batu akik ini yaitu batu panca warna umum diketemukan di nyaris semua daerah Sulawesi Utara, ”ujarnya.
Menurutnya batu yang menarik yaitu batu Kuarsa. ”Batu yang menarik sesungguhnya yaitu batu kuarsa di mana satu tingkat dengan batu Ruby. Batu ini umumnya jadikan juga sebagai batu perhiasan yang mengeluakan sinar yang menyilaukan saat terpapar sinar matahari atau cahaya lampu, ”ujarnya.
Mereka juga mengingatkan supaya lebih waspada dalam pilih batu.
”Banyak sekali batu dipasaran tetapi hati-hati ada batu yg tidak mempunyai manfaat. Walau menarik belum pasti itu batu panca warna asli, seperti batu doko, batu bacan, dsb. Harga yang tinggi belum pasti batunya asli serta berkwalitas, batu yang berkwalitas yaitu batu yang mempunyai unsur magnet serta infra red, ” tutur mereka.

0 Response to "Di Sulut, Batu Kuarsa Pertama Kali Ditemukan di Sungai Likupang"